Senin, 05 Juni 2017

Merasa sedih, galau, tidak tenang, nangisin yang tidak-tidak? Kegelisahan semacam ini wajar dialami oleh semua manusia, yang berbeda adalah sikap masing-masing orang dalam mengatasi kegelisahannya. Jika menuruti hawa nafsu, maka kegelisahan ini tidak...
Merasa sedih, galau, tidak tenang, nangisin yang tidak-tidak? Kegelisahan semacam ini wajar dialami oleh semua manusia, yang berbeda adalah sikap masing-masing orang dalam mengatasi kegelisahannya. Jika menuruti hawa nafsu, maka kegelisahan ini tidak akan ada habisnya. Kalau begini terus, kapan selesainya? Jangan selalu menuruti hawa nafsu, gelisah boleh, tapi jangan lama-lama. Gimana caranya biar ga gelisah terlalu lama? Ingatlah Allah. “(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah-lah hati menjadi tenteram.” (QS. Ar-Ra’d: 28)
Jadi begitu gelisah menerjang, ingat Allah. Masih gelisah juga? Ingat Allah lebih lagi. Mengingat Allah dalam Islam sering disebut dzikr. Dzikr ini ada banyak sekali bentuknya. Menurut al-Hafizh Ibnu Hajar al-‘Asqalani asy-Syafi’iy: “Dan yang dimaksud dengan dzikir adalah mengucapkan dan memperbanyak segala bentuk lafadh yang di dalamnya berisi tentang kabar gembira, seperti kalimat : subhaanallaahi, walhamdulillah, wa laa ilaaha illallaah, wallaahu akbar; dan yang semisalnya, doa untuk kebaikan dunia dan akhirat.
Dan termasuk juga dzikir kepada Allah adalah segala bentuk aktifitas amal shalih yang hukumnya wajib ataupun sunnah, seperti membaca Al-Qur’an, membaca Hadiits, belajar ilmu agama, dan melakukan shalat-shalat sunnah.” (Fathul-Baariy, 11/209)
Ada banyak kalimat dzikir yang disunnahkan, namun diantaranya ada beberapa yang paling disukai Allah SWT:
1. Subhanallahi wa bihamdihi (Mahasuci Allah dan segala puji hanya bagi-Nya). (HR. Muslim)
2. Subhanallah (Mahasuci Allah), Alhamdulillah (Segala puji bagi Allah), Laa ilaha ilallah (Tiada Tuhan yang berhak disembah selain Allah), Allahu akbar (Allah Mahabesar). (HR. Muslim)
3. Dzikir yang paling utama adalah Laa ilaha ilallah (Tiada Tuhan yang berhak disembah selain Allah). (Diriwayatkan secara hasan oleh Imam At-Tirmidzi)
Semoga kita semua dimudahkan dalam istiqomah dan membaikkan kualitas ibadah kita kepada Allah SWT 😊
.
Vector picked from freepik
Kontribusi oleh @bellaartworl

Tidak ada komentar:

Posting Komentar