🌸AGAR PUASAMU TIDAK SIA-SIA🌸
.
Hai ukhties.. Apa kabar? sudah puasa ke enam nih
Semoga semangat ramadhannya tetep Istiqomah sampai akhir ya..
Jangan mau kalah sama Badriyah *eh hehe…
.
Dari Abu Hurairah RA, beliau berkata, Rasulullah...
🌸AGAR PUASAMU TIDAK SIA-SIA🌸
.
Hai ukhties.. Apa kabar? sudah puasa ke enam nih
Semoga semangat ramadhannya tetep Istiqomah sampai akhir ya..
Jangan mau kalah sama Badriyah *eh hehe…
.
Dari Abu Hurairah RA, beliau berkata, Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda:
.
“Telah datang kepada kalian Ramadhan, bulan yang diberkahi, Allah Ta’ala wajibkan kalian untuk berpuasa padanya, dibukakan padanya pintu-pintu langit, ditutup pintu-pintu neraka Jahim, dan dibelenggu setan-setan yang membangkang. Pada bulan tersebut, Allah memiliki satu malam yang lebih baik dari seribu bulan (seseorang beribadah selama itu). Barangsiapa terhalang dari kebaikannya, sungguh ia orang yang terhalang (dari seluruh kebaikan)”.
.
Jangan sampai waktu berharga kita menjadi sia-sia. Terkadang kita ngga sadar, sudah menahan lapar dahaga kita tapi kita lupa bahkan ngga sadar membicarakan aib saudara kita. Dan ini menjadi sisi lain yang harus mendapatkan perhatian ekstra, bagaimana kita harus berusaha membentengi ibadah puasa kita dari faktor-faktor yang dapat mengurangi keutuhan pahalanya.
.
Ibnu Rajab al-Hanbali (795 H) menjelaskan, “Kewajiban seorang yang berpuasa adalah menahan diri dari hal-hal mubah dan larangan agama. Mengekang diri dari makanan, minuman, jima’, sebenarnya hanya sekedar menahan diri dari hal-hal yang dibolehkan. Sementara itu, ada larangan-larangan yang tidak boleh kita langgar, baik di bulan Ramadhan maupun di bulan lainnya. Di bulan suci, larangan tersebut tentunya menjadi lebih tegas”. .
Maka, sungguh sangat mengherankan kondisi orang yang berpuasa (menahan diri) dari hal-hal yang (pada dasarnya) dibolehkan seperti makan dan minum, namun tidak merasa berat dari melakukan perbuatan-perbuatan yang diharamkan pada sepanjang masa; seperti ghibah, namimah, mencaci, mencela, mengumpat. Semua ini tentunya menggugurkan ganjaran puasa.
.
So, ukhties .. Mari kita luruskan niat dan memperbaiki amalan-amalan kita dibulan keberkahan ini,Keep spirit and Istiqomah 😊
.
Kontribusi oleh @badriyahofficial