Rabu, 07 Juni 2017

Kamu termasuk penderita maag? Atau punya teman yg juga mempunyai maag? Inilah 7 tips sehat menjalani puasa bagi penderita maag, silakan boleh repost/tag, semoga bermanfaat⇩⇩⇩ 1. MINUM SEGELAS SUSU KETIKA SAHUR
Susu dipercaya baik untuk dikonsumsi...
Kamu termasuk penderita maag? Atau punya teman yg juga mempunyai maag? Inilah 7 tips sehat menjalani puasa bagi penderita maag, silakan boleh repost/tag, semoga bermanfaat⇩⇩⇩ 1. MINUM SEGELAS SUSU KETIKA SAHUR
Susu dipercaya baik untuk dikonsumsi oleh penderita maag. Susu juga bisa menetralisir asam lambung karena susu memiliki zat yang disebut antidotum. Selain bisa menetralisir asam lambung, susu juga bisa mengisi lambung dengan protein yang bisa dipecah oleh asam lambung.
2. BANYAK MINUM AIR PUTIH SAAT SAHUR DAN BERBUKA
Sudah tahu kan manfaat air putih untuk kesehatan, salah satunya untuk mengatasi sakit maag. Sangat penting untuk banyak minum air putih saat sahur dan berbuka. Air putih bisa mengobati dan menetralisir bakteri organisme pada luka di lambung. Selain itu, air putih juga bisa membersihkan dan mendorong sisa makanan yang menempel pada dinding lambung.
3. HINDARI KOPI, JUS YANG ASAM, DAN MINUMAN BERSODA
Kopi, minuman bersoda, atau jus yang terlalu asam bisa melukai dinding lambung dan memperparah maag kamu.
4. HINDARI GORENGAN, MAKANAN PEDAS, DAN TERLALU MANIS
Ketiga jenis makanan tersebut juga bisa melukai dinding lambung.
5. JANGAN MAKAN TERLALU BANYAK SAAT BERBUKA DAN SAHUR
Sudah menahan lapar dan haus dalam waktu yang lama, bukan berarti kamu bisa melampiaskan nafsu makan sebanyak-banyaknya. Supaya maag nggak kambuh, sebaiknya makanlah dengan porsi yang cukup. Makan terlalu banyak saat sahur dan berbuka malah akan membuat lambungmu kaget.
6. MAKAN PISANG DAN KACANG-KACANGAN
Pisang bisa mencegah kelebihan asam lambung. Kandungan seratnya juga tinggi, sehingga bisa memperlancar proses pencernaan. Begitu juga dengan kacang-kacangan yang baik untuk penderita maag. Asalkan kacang-kacangannya tidak digoreng. Kacang-kacangan yang digoreng memiliki tekstur yang keras, sehingga memicu asam lambung.
7. HINDARI TIDUR SETELAH SAHUR
Langsung tidur setelah makan bisa meningkatkan sekresi asam lambung dan gerak peristaltik pankreas, ini akan mengganggu terlebih bagi penderita maag.
.
Kontribusi oleh @doa_muslimah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar